top of page
Background 3.jpg
Postingan Terbaru

Cara Mendeteksi Kerusakan pada Kaki-Kaki Mobil

Perbaikan Kaki Mobil di Jantrakakikaki

Kaki-kaki mobil merupakan komponen krusial yang sering terabaikan, sehingga mengalami beberapa kerusakan. Memahami tanda-tanda awal kerusakan pada sistem kaki-kaki sangatlah penting, untuk menjaga performa dan keselamatan pada saat berkendara.


Berikut ini adalah cara mendeteksi kerusakan pada kaki-kaki mobil :

  1. Suara Tidak Normal Saat Berkendara

    Jika Smart Driver mendengar suara yang tidak normal pada saat berkendara, seperti berdecit, berderit, atau bahkan bunyi lainnya saat melewati jalan bergelombang atau berlubang, bisa jadi itu adalah tanda terjadinya kerusakan pada komponen kaki-kaki.

  2. Getaran pada Setir

    Setir yang bergetar, terutama saat melaju di kecepatan tinggi menjadi indikasi adanya masalah pada sistem kaki-kaki. Getaran ini terjadi karena balancing roda yang tidak sempurna, serta kerusakan pada tie rod, ball joint, dan shock absorber.

  3. Menarik ke Satu Sisi

    Mobil yang cenderung menarik ke kanan atau kiri padahal sedang berkendara lurus, merupakan terjadinya masalah pada alignment atau suspensi. Jangan biarkan kondisi ini terus menerus terjadi, karena dapat mengancam keselamatan pada saat berkendara.

  4. Ban Aus Tidak Merata

    Ban yang terlihat aus di satu sisi menandakan tanda kerusakan pada suspensi atau alignment. Keausan ban yang tidak merata ini bisa memperpendek usia ban dan membuat handling mobil menjadi tidak stabil.

  5. Suspensi Keras

    Suspensi yang terlalu keras juga menjadi indikasi adanya masalah pada shock absorber. Namun jangan salah, suspensi yang terlalu lembut juga bukan hal baik, maka pastikan suspensi dalam kondisi yang normal dan standar.

  6. Oli Bocor

    Kebocoran oli pada area sekitar shock absorber menjadi pertanda bahwa komponen tersebut sudah tidak optimal dan perlu segera dilakukan penggantian. Dampaknya adalah membuat laju kendaraan tidak stabil, terutama saat melewati jalan tidak rata.


Dengan melakukan beberapa cara untuk mendeteksi kerusakan pada kaki-kaki mobil, maka kita juga dapat lebih waspada dan mencegah kerusakan yang lebih parah terjadi. Ciptakan kenyamanan dan keamanan selama berkendara dengan kaki-kaki mobil yang optimal.


4 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page